twitter



                Alhamdulillah, makasih udah ngasih Rheta kesempatan untuk ikut Jambore Anak se-Provinsi Jambi. Itu salah satu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Ayo kita simak ceritanya.
**********
                “seru nian ikut Jambore kemaren, Tha! Awak be pengen ikut lagi, sayangnyo cuma boleh sekali seumur hidup” kata Kukuh memanas-manasi (bahasa daerah gue “ngangek-ngangek’i”). “sebernarnyo kalo nak ikut tu, harus anak Osis, awak kemaren tu gara-gara surat tu datang dari mak awak lah, awak dipakso suruh ikut, awak kiro ngapoin, pertamonyo awak dak mau dak, maleh awak. Eh, dak tau nyo seru nian, dak nyesal awak lah ikut” sambung Kukuh bersemangat.
                “iiiiihhh… Rheta pengen jugo ha, kek mano caronyo?” tanya gue.
                “bilang be ke Buk Elva, kau kan anak Osis, bisa lah tu” saran Kukuh.
                Gue semangat banget pengen ikut Jambore Anak itu, selain gue gak pernah ikut perlombaan se-Provinsi, gue juga lagi ngumpulin piagam, yang entah apa gunanya. Hari selanjutnya, gue beraniin ke kantor cuma buat nanya ke Buk Elva (pembina Osis sekaligus guru bahasa Indonesia gue sekaligus guru kaporit gue sekaligus emaknya temen sekelas gue).
                “Buk, kalo mau ikut Jambore Anak, caranya gimana ya buk?” tanya gue sopan.
                “belum tau, Rheta. Suratnya belum ada, nanti kalau suratnya sudah datang, ibuk kabari ya” dan gue makin optimis dan gue makin pengen dan gue masih harus nunggu.
**********

                Akhirnya penantian gue gak sia-sia, gue dipanggil ke kantor, buk Elva nyuruh gue dateng ke kantor BPMPD PP & KB make seragam putih abu-abu. Sampe disana, ternyata gue cuma ikut FAD (Forum Anak Daerah) Kabupaten Bungo. Yaaaaaaaahhh… tetep aja batas kabupaten. Dan gue patah hati. Seenggaknya gue disini utusan dari sekolah gue, dan gue gak boleh bikin malu. Secara, sekolah gue tu SMA paling favorit di kabupaten gue. Di aula BPMPD PP & KB ini, kami berdiskusi mengenai pendidikan, kesehatan, dan perlindungan anak. Sekian lama, dibentuklah kepengurusan FAD ini dan gue jadi Ketua Divisi Pendidikan.
                Satu bulan kemudian, gue disuruh ke Jambi buat ikut di Jambore Anak se-Provinsi Jambi tahun 2012, dari tanggal 28 – 31 Maret. Awalnya sih gue gak percaya, tapi berhubung wakil kepala sekolah, Buk Elvis yang ngomong langsung, gue girang gak kepalang. Gue mulai semangat ngurusin semua persyaratannya, mulai dari bikin makalah yang menyuarakan hak-hak anak Indonesia,  SK kepengurusan Osis, fotokopi rapor semester terakhir yang wajib masuk 10 besar, surat izin orang tua, surat keterangan sehat, pas photo 3x4 dan segala macem ketetekbengekannya.
                Tanggal 28 maret 2012 jam 11.00 WIB, gue berangkat dari Bungo. Gue make kaos oblong, sendal jepit, celana levis dan jaket PPI (Purna Paskibraka Indonesia). Gue sengaja, biar pas nyampe disana, mereka pada tau kalo gue anak Paski. Nyampe di Jambi jam 17.00 WIB . yah, lewat-lewat dikitlah. Semuanya gue serahin ke pendamping gue. GUE CAPEEEEKKKK!!
                Gue langsung disuruh gabung sama peserta - peserta dari kabupaten lain yang udah pada ngumpul dalam suatu ruangan di Hotel Ratu tempat gue nginap selama acara ini. Hal yang udah gue rencanain, sukses. Pas gue buka pintu, semua mata tertuju ke gue, salah satu dari mereka nyeletuk “Eh, PPI yah?”. “hehe, Iya” kata gue sambil senyum lebar. Yang gue tangkep sih, mereka terkesima. Paskibraka gitu loh, siapa sih yang gak takjub?
**********
                Kegiatan disini sih seru-seru banget, nyanyi-nyanyi, nge-games, pemberian materinya juga ada, makan teratur, olahraga teratur, pokoknya asik deh. Juga sempet Outbond di Kampung Radja, Paintball (kelompok gue menang lho, pamer dikit), kemah di Candika, lomba bongkar pasang tenda, main-main sama ular piton, bikin api unggun dan gak ketinggalan photo-photo donk :D
                Gue ngarep banget bisa ikutan Jambore Anak Indonesia yang kabarnya bakal diadain di Bangka Belitung atau Bandung. Gue gak tau apa yang dinilai biar bisa ikutan Jambore Nasional. Gue sih termasuk aktif disini. Mulai dari sering nanya, jadi petugas pembukaan dan penutupan acara, ngajarin salah satu games “konsentrasi”, ngenalin lagu daerah gue “Bungo Membangun”, jadi moderator pas kelompok gue persentasi hasil diskusi, mimpin lagu Massabele, selalu baris paling depan, mudah bersosialisasi, ngelakuin apa aja yang disuruh, disuruh joget ya joget, nyanyi ya yanyi, ngegombal ya ngegombal, intinya gak pernah nolak deh, pas outbond gue maju duluan, dan gue satu-satunya orang yang gak pernah nyender di kursi.
                Oh iya, ada yang lupa. Salah satu peserta ada yang ganteng banget, dari Tanjabbar. Inisial namanya M.A.F. alisnya tebel dan ada kumisnya. Cakep banget deh, sayangnya gak sekelompok.
                Yah, teman-teman bantu doa ya, biar gue bisa ikutan di tingkat Nasional.
                Sekian dulu ya, cerita kali ini. Tetaplah rajin membaca.


0 komentar:

Poskan Komentar