twitter



            Semenjak gabung di Sanggar Bahana Lintas Kab. Bungo dan resmi jadi penari pemda, gue jadi sering ngomong pake bahasa bencong mulai dari kata-katanya sampe logat-logatnya, soalnya disini pada make bahasa bencong semua padahal yang bencong cuma 2 bijik gak ada yang bencong.
            Tentunya gue ngomong pake bahasa bencong cuma sama penari atau anggota sanggar bahana lintas yang ngerti aja. Tapi setelah negara api menyerang gak jarang juga gue keceplosan ngomong ke temen sekelas pake bahasa ini, bahasanya lucu sih.
            Bagi yang penasaran. Nih, gue buatin kamus bencong versi Rheta Zuliana, kamus ini gue perbarui setiap nemu kosa kata baru *Eh! Gue bukan BENCONG!!”
Adinda = Ada
Akika = Aku
Ampar-ampar = Apa-apa
Apose = Apa
Banana = Banget
Baruang = Baru
Bawang = Bau
Begindang = Begini
Belalang = Beli
Belenjong = Belanja
Benggong = Bangga
Beranak Dalam Kubur = Berak
Bercandika = Bercanda
Betaria Sonata = Berak
Bhayangkara = Bayar
Bisikan = Bisa
Bistik = Bisa
Burhan = Buruk
Cacamarica = Cari
Candra = Cantik
Cantika = Cantik
Centong = Cantik
Cucok = Cocok
Cumi = Cium
Capcay = Capek
Capcus = Cepat
Diana = Dia
Dingdong = Dingin
Duta = Duit
Eike = Aku
Ember = Emang
Endang = Enak, Indah
Esmoni = Emosi
Gilingan = Gila
Hamidah = Hamil
HandyCam = Makan pake tangan
Hima Layang = Hilang
Hujriah = Hujan
Ilalang = Ilang
Inang = Iya
Jahara = Jahat
Jali-Jali = Jalan-Jalan
Jauhari = Jauh
Jayus = Garing
Jijay Markijay = Jijik
Jorji = Jorok
Kanua = Kamu
Kawasaki = Kawan
Kawilarang = Kawin
Kayangan = Kaya
Kelinci = Kecil
Kemindang = Kemana
Kencana = Kencing
Kentaki = Kentut
Kepelong = Kepala
Kerajaan = Kerja
Kerasakti = Keras
Kesindang = Kesini
Kesandro = Kesana
Krejong = Kerja
Lambreta = Lambat, Lama
Lapangan Bola = Lapar tingkat 1
Lapangan Golf = Lapar tingkat 2
Lapangan Pesawat = Lapar tingkat dewa *hampir mati*
Lekong = Laki-laki
Macan Tutul = Macet
Maharani = Mahal
Makarena = Makan
Malaysia = Malas
Maluku = Malu
Mandole = Mandi
Mandra = Mana
Mataram = Mati
Mawar = Mau
Merekah = Marah
Metong = Mati
Minangan = Minum
Motorola = Motor
Mukadima = Muka
Mukena = Muka
Mursida = Murah
Nanda = Nanti
Naspro = Nasi
Organ = Orang
Organda-organdi = Orang-orang
Organ Tunggal = Orang Tua
Pelita = Pelit
Pere = Perempuan
Pertiwi = Perut
Piur = Pergi
Polo = Pulang
Ramayana = Ramai
Rambutan = Rambut
Rempong = Repot
Rumania = Rumah
Sajojo = Saja
Sastra = Satu
Sekong = Sakit
Sepong = Siapa
Sherina = Serius
Sirkuit = Sedikit
Sodokur = Sodara
Soraya Perucha = Sakit Perut
Suamsuam = Suami
Sukria = Suka
Sustagen = Susu
Sutra = Sudah
Soneta = Sunat
Tahu Goreng = Tau
Tasikmalaya = Tas
Terong = Terang
Tinta = Tidak
Titi DJ = Hati-hati di jalan
Titi Kamal = Hati-hati kalau malam
Tonggeng = Tungging
Tuir = Tua
Tunggang = Tunggu
Turki = Turun
Usdeka = Usah
Panasonic = Panas
Panasonic Award = Panas Sekali
Pecongan = Pacaran

EGPCC= emang gw pikirin cuih cuih…
SDMB=sori dori mori bow
Akikah lapangan bola = aku lapar bo’
LUPUS = Lupain Pacar Utamakan Selingkuh
Ngomomg2 tentang bahasa bencong. Kata BENCONG itu dibentuk dari kata BANCI yang disisipi bunyi dan ditambah akhiran ONG. Huruf vokal pada suku kata pertama diganti dengan huruf E. Huruf vokal pada suku kata kedua diganti dengan ONG.
Misalnya:
Makan – mekong
Sakit – sekong
Laki – lekong
Lesbi – lesbong
Mana – menong
pokoknya serba ONG
Ada juga waria yang kemudian ngeganti tambahan ONG dengan ES sehingga bentuk katanya menjadi:
Banci – bences
Laki – lekes

Ada juga yg memberi tambahan OSE, contohnya
Dimana = Dimanose
Siapa = Sapose
Kemana = Kemanose
Lama = Lamose

Tambahan sisipan Pa/pi/pu. Contoh:
Mati - ma (+pa) ti(+pi) - mapatipi
Cina - ci (+pi) na (+pa) - cipinapa
Gila - gi (+pi) la(+pa) - gipilapa
Tilang - ti (+pi) la(+pa)ng – tipilapang


Sisipan in. Contoh:
Banci - b(in)an-c(in)i - binancini
Mandi - M(in)an-d(in)i -- Minandini
Toko - t(in)o-k(in)o - tinokino
Homo - h(in)o-m(in)o – hinomino

3 komentar:

  1. wwkwkwkkwkwk

  1. astagaa

  1. Ya allah, aku kok gak bisa hafal ya, padahal bacanya sampe lama

Poskan Komentar